Part 1 | Section Editor | Cara menambahkan Reviewer Naskah

Cara menambahkan Reviewer Naskah

Assalamualaikum...

Halo teman-teman editor Journal dimana pun anda berada, kali ini saya akan membuat tutorial atau menjelaskan tahapan menambahkan mitra bestari atau reviewer naskah jurnal, tahapan ini adalah tahapan dasar atau pertama saat section editor ditugaskan oleh Editor In Chief atau kepala Journal. Tahapan pertama ini yang harus diperhatikan oleh section editor adalah sebagai berikut:
  1. Pastikan Naskah yang dikirim tidak ada identitas penulis (baik nama, maupun email penulis), jika sistem review yang digunakan adalah double blind. Double Blind adalah salah satu sistem review naskah dimana mitra bestari atau reviewer tidak tahu penulis naskah yang sedang direview, hal ini dilakukan untuk menjaga keobjektifan proses review naskah yang dilakukan. Bukan melihat siapa penulisnya, tetapi melihat bagaimana kualitas naskah yang dihasilkan oleh author atau penulis. Selain double blind ada juga type lain yakni blind, blind adalah mitra bestari atau salah satu pihak mengetahui siapa penulis naskah yang sedang direview, atau penulis tahu siapa yang mereview tulisannya. Dan type yang terakhir adalah type open, oper berarti semua pihak mengetahui (penulis mengetahui siapa yang mereview naskahnya, begitu pula mitra bestari atau reviewer mengetahui siapa penulis naskah yang sedang di reviewnya).
  2. Tambahkan reviewer atau mitra bestari sesuai nama yang telah di maping pada link : 
  3. Sistem review menggunakan Double-Blind
  4. Pastikan wajib add Form review saat menambahkan reviewer
  5. Batas Waktu review naskah sesuai waktu yang telah di sepakati saat rapat dewan redaksi I

Note

Website: 

https://journal.sties-purwakarta.ac.id/index.php/EKSISBANK/

Tutorial Cara menambahkan Reviewer Naskah bisa dilihat pada video dibawah ini:  



Demikian tutorial part 1 ini saya buat, mudah-mudahan bisa bermanfaat, atas kesediaan waktunya kami ucapkan terimakasih. Semoga Kebaikan para pengelola Jurnal mendapatkan Balasan yang berlipat ganda dari Allah Subhanahu Wata’ala.


Jazakumullahu Khoiran Katsiron

Wassalamualaikum...

Next Post Previous Post