Apa Itu Minat?

Mengenal Arti Minat

1. Pengertian Minat


Minat menurut Whiteringten minat adalah kecenderungan seseorang untuk memilih dan melakukan sesuatu kegiatan tertentu diantara sejumlah kegiatan tertentu diantara sejumlah kegiatan lain yang tersedia. Menurut Abdul Rahman Shaleh dan Mubbib Wahab mendefinisikan minat itu dapat diartikan suatu kecendrungan untuk memberikan perhatian kepada orang dan bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat itu tersebut dengan disertai dengan perasaan senang [1].

Menurut Muhibbin Syah, minat adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keingginan yang besar terhadap sesuatu. Minat adalah motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih [2]. Setiap minat akan memuaskan suatu kebutuhan dalam melakukan fungsinya kehendak itu berhubungan erat dengan pikiran dan perasaan. Pikiran mempunyai kecendrungan bergerak dalam sektor rasoinal analisis, sedangkan perasaan yang bersifat halus atau tajam lebih menambakan kebutuhan dan akal berfungsi sebagai pengingat pikiran dan perasaan itu dalam koordinasi yang harmonis, agar kehendak bias diatur dengan sebaik-baiknya.

Minat tidak termasuk istilah psikologi yang popular. Sebab, ia bergantungan pada banyak faktor internal, seperti pemusatan pemerhatian, keingintahuan, motivasi dan kebutuhan.

Dari pengertian di atas penulis dapat menyimpulkan minat adalah rasa ingin tahu atau rasa suka atas sesuatu yang mereka lakukan atas bebas memilih kebutuhan dalam melakukan kehendak itu berhubungan dengan perasaan dan pikiran sehingga apa yang dilakukan dapat memotivasi apa yang mereka inginkan.

2. Indikator Minat


Indikator minat terdiri dari beberapa bagian antara lain:
  • Minat transaksional, kecenderungan seseorang untuk membeli produk. Minat ini dapat diartikan keinginan seseorang untuk segera membeli/memiliki suatu produk. 
  • Minat referensial, kecenderungan seseorang untuk mereferensikan produk kepada orang lain. 
  • Minat preferensial, minat yang menggambarkan perilaku seseorang yang memiliki prefrensi utama pada produk tersebut. Preferensi bahwa produk tertentu itulah yang sedang diinginkan dan seseorang tersebut berhak untuk mengabaikan pilihan yang lain. 
  • Minat eksploratif, minat ini menggambar¬kan perilaku seseorang yang selalu mencari informasi mengenai produk yang diminatinya dan mencari informasi untuk mendukung sifatsifat positif dari produk tersebut [3].

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat


Faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menjadi nasabah antara lain sebagai berikut [4]:

a. Pelayanan


Pelayanan adalah bentuk pemberian layanan baik pelayanan sarana maupun pelayanan bertransaksi yang diberikan oleh produsen baik terhadap bagi penggunaan barang diproduksi maupun jasa yang ditawarkan harus memberikan pelayan yang maksimal, sehingga konsumen akan merasa puas jika pelayanan yang diberikan sangat baik. 

b. Produk dan jasa


Produk dan jasa adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke masyarakat untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan masyarakat.



DAFTAR PUSTAKA


[1] Jalaludin, “Pengaruh Kualitas Produk Funding Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Anggota Serta Impiikasinya Kepada Loyalitas Angggota Studi Kasus di KPPS BMT Mitra Sadaya Bandung dan Purwakarta,” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018.

[2] S. Sabri, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Siswa dan Minat Belajar Siswa terhadap Keterampilan Permainan Bola Voli,” Prim. J. Keilmuan dan Kependidikan Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 59–88, 2015.

[3] M. Yusrah Ubaid Salim, Sri Widaningsih, S.Psi., “Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Program Kursus Bahasa Inggris Di Lembaga Kursus Bahasa Northern Lights Education Center (NLEC) Bandung,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. Vol.3, p. Page 521, 2017.

[4] F. Febriyanti, “Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik,” JAK (Jurnal Akuntansi) Kaji. Ilm. Akunt., vol. 6, no. 1, pp. 88–98, 2019.

Next Post Previous Post