Melalui Forwananki Saya Mahir Pembuatan Skripsi

Setelah mulai bimbingan agak sedikit sedih karena dosen pembimbing 2 saya menyarankan untuk menganti judul penelitian saya karena menurut beliau dengan judul seperti itu kurang menarik dan tidak ada tantangan dalam pengerjaannya

Cerita ini berawal dari saya yang sudah memasuki semesester 8 tapi masih belum sama sekali kepikiran akan judul penelitian apa yang akan saya teliti. Beberapa kali konsul ke kakak tingkat perihal judul penelitian apa yang cocok dengan kesibukan saya bekerja, dan juga tugas akhir (skripsi) ini bisa cepat selesai, tentunya penelitian yang sesuai dengan rumpun perbankan syariah. Lalu saya direkomendasikan untuk melakukan penelitian berbasis data sekunder dengan menganalisis rasio keuangan salah satu bank syariah, selanjutnya saya konsultasi ke dosen pembimbing proposal penelitian dengan mengajukan judul penelitian “Analisis Rasio Profitabilitas Bank OCBC Syariah Periode 2018-2022” dengan judul penelitian tersebut Alhamdulillah saya mendapat ACC dari dosen pembimbing proposal saya. Sampai pada akhirnya saya mengikuti sidang SUP dengan judul tersebut dan boleh melanjutkan untuk ke tahap berikutnya. 

Tahap selanjutnya setelah menyelesaikan revisi hasil sidang usulan proposal, saya diberi Surat Keterangan mendapat 2 dosen pembimbing skripsi dan Alhamdulillah saya mendapat salah satu dosen pembimbing skripsi yang saya harapkan untuk bisa mengarahkan dan membimbing saya kedepannya selama proses pembuatan skripsi. Tiba saatnya saya melakukan bimbingan skripsi pertama dengan dosen pembimbing 2 dan langsung disuruh untuk membuat outline skripsi dengan judul yang saya ajukan. Setelah mulai bimbingan agak sedikit sedih karena dosen pembimbing 2 saya menyarankan untuk menganti judul penelitian saya karena menurut beliau dengan judul seperti itu kurang menarik dan tidak ada tantangan dalam pengerjaannya, tanpa memberikan arahan bagaimana cara memilih judul penelitian yang menarik sesuai yang diharapkan. Beberapa hari memikirkan judul pengganti tersebut, malah tambah bingung harus dengan judul apalagi. 

Suatu hari saya menghadiri jadwal kumpulan (rapat mingguan) Forum Relawan Mahasiswa Penalaran dan Penulisan Karya Ilmiah (FORWANANKI) disitulah saya konsultasi ke Pembina forum yang sekaligus menjadi pembimbing 1 dalam penyusunan skripsi saya. Disitu saya mulai menceritakan bahwa judul penelitian saya kurang menarik dan saya bingung harus mengganti dengan judul apa. Lalu saya diberi saran untuk meneliti perbandingan 2 bank syariah yang salah satunya sedang dalam keadaan down di dunia perbankan. Saya direkomendasikan judul penelitian  “Analisis Studi Komparasi Rasio Profitabilitas Bank OCBC Syariah dan Bank Muamalat Indonesia Periode 2018-2022” dan Alhamdulillah dengan judul tersebut dosen pembimbing 2 skripsi saya menyetujuinya. Tidak hanya disitu, banyak sekali keluh kesah bahkan kerumitan dalam proses pengerjaan skripsi dimulai dari jadwal kerjaan yang tiba-tiba dikejar target tidak seperti biasanya, yang mengakibatkan saya banyak lemburan, dosen pembimbing yang sulit diajak bimbingan karena memiliki jadwal yang padat dan terkadang bentrok dengan waktu kerja saya, serta dosen pembimbing 2 yang hanya bimbingan via online dikarenakan beberapa hal jadi menyulitkan saya dalam proses pengerjaan skripsi ini. 

Menjelang 2 minggu sidang munaqosyah, hati mulai bimbang dengan pengerjaan yang masih stuck di BAB 4, karena kendala perhitungan yang kurang sinkron, dan waktu bimbingan yang sangat sulit, serta banyak sekali yang harus direvisi dari berbagai hal seperti penempatan grafik, dan tata cara penulisan yang masih berantakan. Hampir putus asa untuk mengikuti sidang gelombang 1, karena waktu yang semakin mepet dan menurut feeling saya tidak akan kekejar dengan persyaratan dan waktu bimbingan yang susah ditemui dosennya. Namun temen-temen saya selalu dukung dan support untuk tetap optimis mengikuti sidang gelombang 1 tersebut. Qadarullah di H-3 menjelang sidang munaqosyah gelombang 1, saya mendapat ACC dari kedua dosen pembimbing saya. Dengan persiapan yang seadanya di waktu yang mepet, saya tetap mengikuti sidang gelombang 1 dengan bekal percaya diri dan yakin pasti bisa melewatinya. Tidak lepas dari forum Forwananki yang selama saya mengikuti organisasi tersebut membuat saya mahir dalam pembuatan skripsi ini. Terimakasih banyak kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan skripsi saya.

Penulis: ASN
Editor: Mr. Dj

Next Post Previous Post