Part 3 | Section Editor | Cara Melihat Hasil Review dan Mengirimkan Ke Author

Pengecekan review naskah secara berkala diperlukan, agar pengelolaan naskah bisa berjalan dengan baik dan terbit tepat pada waktunya

Assalamualaikum…..

Hallo Section editor dimana pun anda berada, setelah temen-temen Section editor mengirimkan naskah kepada mitra bestari atau reviewer tahapan selanjutnya kita sebagai Section editor akan mengecek hasil review naskah yang dilakukan oleh mitra bestari. Pengecekan review naskah secara berkala sangat penting dilakukan supaya pengelolaan naskah bisa terbit tepat waktu, salah satu kendala yang sering terjadi dalam pengelolaan naskah tidak terbit tepat waktu karena kurangnya monitoring pihak editor jurnal terhadap alur dan pengelolaan naskah, seperti mitra bestari sibuk dan tidak diingatkan oleh editor, sehingga tidak bisa review naskah. Kasus lainnya naskah yang dikirimkan ke mitra bestari erorr atau corrups, sudah kontak editor tapi belum ada jawaban, sehingga pengelolaan naskah tersendat dan bisa mengakibatkan tidak terbit tepat pada waktunya.

Saat ini penulis mencoba buat tahapan demi tahapan untuk melihat hasil review naskah jurnal yang dilakukan oleh mitra bestari atau reviewer, adapun tahapannya sebagai berikut:

  1. Login ke akun jurnal masing-masing (sebagai section editor), Karena posisi atau jabatan di akun  jurnal akan berpengaruh terhadap menu yang bisa akses oleh masing-masing jabatan. 
  2. Lihat hasil review naskah mitra bestari atau reviewer dibagian menu reviewer, dengan cara klik read review.
  3. Download Naskah hasil review
  4. Tambahkan kembali identitas penulis pada naskah yang sudah di download barusan (Nama, Affiliasi, Alamat Affiliasi, Alamat Email)
  5. Tambah diskusi (Add discussion) dibagian menu Review Discussions, tambahkan nama participants atau nama penulis, Isi subject dengan revisi naskah atau subjek lainnya yang mengarahkan pada perbaikan naskah jika naskah tersebut perlu diperbaiki, isi message dengan pesan yang mengarahkan pada perbaikan naskah atau copy faste arahan reviewer ke kotak pesan jika terdapat perbaikan nilai.
  6. Upload file naskah yang harus di revisi kepada penulis via kolom diskusi yang dibuat barusan.

Note:

  1. Website :
https://journal.sties-purwakarta.ac.id/index.php/eksisbank/index 
  1. Tutorial Cara Melihat Hasil Review dan Mengirimkan Ke Author :  

Demikian tutorial Cara Melihat Hasil Review dan Mengirimkan Ke Author ini saya buat, semoga bermanfaat dan sedikit banyaknya dapat mencerahkan para editor journal dalam pengelolaan naskah supaya terbit tepat waktu serta kebaikan para pengelola Jurnal mendapatkan Balasan yang berlipat ganda dari Allah Subhanahu Wata’ala.

Jazakumullahu Khoiran Katsiron

Wassalamualaikum….

Next Post Previous Post